Bupati lakukan Audiensi bersama masyatakat keritang.

Tembilhah – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP melakukan Audiensi bersama Masyarakat Kecamatan Keritang di Aula Rapat Lantai 5 Kantor Bupati, Selasa (15/11/2022).

Hadir dalam kesempatan Camat Keritang, Kepala Desa Kuala Keritang, Kepala Desa Pasar Kembang, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta perwakilan RT/RW Kecamatan Keritang.

Sementara Bupati Inhil dalam kesempatan yang didampingi Sekda Inhil H. Afrizal juga turut dihadiri beberapa Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Inhil.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti keluhan masyarakat serta mendengarkan penjelasan-penjelasan masyarakat Kecamatan Keritang atas terjadinya banjir yang melanda di daerahnya.

Menurut Kepala Desa Kuala Keritang, banjir ini terjadi salah satunya dikarenakan jebolnya tanggul yang berfungsi sebagai penahan air dari sungai Reteh yang debit airnya cukup tinggi agar tidak masuk ke desa serta intensitas hujan yang cukup tingg hingga mengakibatkan ribuan hektar lebih lahan perkebunan yang hancur.

Ia juga menyampaikan beberapa permohonan dan permasalahan serta keluhan dari masyarakat Kuala Keritang kepada Pemerintah Kabupaten Inhil.

Menanggapi hal tersebut, Bupati H. Muhammad Wardan merespon baik serta mengapresiasi Pemerintah Kecamatan hingga desa yang mana sudah menyuarakan aspirasi masyarakatnya.

Selanjutnya Bupati mengatakan, sebenarnya bukan hanya di Kecamatan Keritang saja, kita sudah antisipasi penanganan banjir dibeberapa Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Inhil.

Pada sore hari ini kebetulan utusan dari masyarakat Kecamatan Keritang yang memang mereka mengharapkan adanya upaya dari Pemerintah untuk melakukan normalisasi parit, tanggul, dan jalan.

“Ini sudah dipersiapkan, malahan untuk normalisasi parit sekarang sudah dikerjakan. Dari 4 KM yang harus dinormalisasi yang sudah dilaksanakan 2 KM. Artinya yang mereka harapkan itu sudah kita realisasikan,” terang Bupati

Selanjutnya Bupati mengatakan, setelah yang 2 KM lagi ini selesai, awal tahun 2023 akan berlanjut dengan sistem swakelola yang waktunya tidak terbatas, artinya bisa setiap saat sesuai dengan kebutuhan bisa dilaksanakan. Yang jelas ini sudah diprogramkan untuk tahun 2023 akan dinormalisasi sebanyak 10 kilo. Dan akan terus berlanjut sampai dengan tahun 2025.

“Begitu juga untuk jalan, jalan ini memang yang menghubungkan Selensen ke Kota Baru, dan KM 8 itu adalah kewenangan Provinsi, dan programnya juga sudah jalan. Dalam rangka penyelesaian pembangunan jalan, baik untuk tahun 2022 dan 2023 itu sudah dianggarkan,” tambah Bupati

Melalui kesempatan itu juga, Bupati H. Muhammad Wardan mengharapkan kepada para Pimpinan OPD untuk melakukan tugas sesuai tupoksinya masing-masing, agar apa yang bisa dibantu dan apa yang bisa diprogramkan untuk keluarga kita yang terdampak termasuk kepada anak-anak sekolah yang tidak bisa mengikuti pendidikan untuk segera ditindaklanjuti.

“Saya lahir disana, jadi rasanya tidak mungkinlah kalau ketika mendapat kesempatan sebagai pimpinan tidak memperhatikan daerah dimana kita berasal,” ungkapnya

Mendengarkan pemaparan Bupati, masyarakat Desa Kuala Keritang dan sekitarnya melalui Camat Keritang Mhd Daud menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati H. Muhammad Wardan yang telah menerima serta menyambut baik permohonan dan aspirasi masyarakatnya.

“Kami segenap masyarakat Kecamatan Keritang khususnya Desa Kuala Keritang dan sekitarnya mengucapkan terimakasih atas jawaban serta langkah dan bukti kepedulian Pemerintah terhadap kami serta masyarakat Inhil lainnya,” ucapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *