Bupati H.M Wardan ; Multi Stake Holder Penguatan Komitmen Pemkab Inhil Untuk Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Di Inhil

Concong,- Masalah stunting merupakan masalah nasional Bangsa Indonesia saat ini. Masih tingginya angka stunting termasuk di Kabupaten Indragiri Hilir, memerlukan penanganan secara massif dan terstruktur. Hal ini sangat penting, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas SDM generasi penerus bangsa kita. 

Hal ini dikemukakan oleh Bupati Indragiri Hilir Drs. H.M Wardan yang di dampingi Ketua TP PKK Inhil sekaligus sebagai Bunda Asuh Stunting Hj. Zulaikhaha Wardan, saat membuka pelatihan pencegahan stunting dan penanggulangannya, di Aula Kantor Kecamatan Concong, Jumat, (30/12/2022). 

Kecamatan Concong merupakan kecamatan ke-19 yang secara resmi dan lansung dapat saya beserta rombongan hadiri dalam memberikan pelatihan penanganan stunting,” ujar Bupati.

Bupati H.M Wardan berharap, melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang stunting serta bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi stunting. 

“Terus terang saja, bahwa masih banyak diantara kita yang salah kaprah tentang stunting karena hanya melihat pertumbuhan fisiknya saja. Di samping itu, keterampilan kader juga masih perlu terus ditingkatkan,” ungkap bupati

Kegiatan ini menurut bupati, bertujuan agar setiap kader memiliki kompetensi dan meningkatkan kualitas diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, serta memperkuat komitmem pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk melakukan upaya konvergensi percepatan penurunan stunting di Inhil. “Saya berharap kepada kader posyandu di desa/kelurahan, agar bekerja sama dengan kader pembangunan manusia, bidan desa dan petugas gizi puskesmas untuk melakukan penelusuran atau penjejakan bayi dan balita yang berpotensi stunting.”

Dikemukakan, dalam pelatihan itu peserta akan diajari bagaimana cara mengukur tinggi dan lingkar kepala sehingga tidak salah lagi dalam menetapkan apakah seorang anak termasuk stunting atau tidak. 

Dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber Bunda Asuh Stunting Indragiri Hilir Hj. Zulikahah Wardan, Sedangkan pesertanya adalah para ketua TP. PKK desa serta para kader posyandu Se- Kecamatan Concong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *