Setda Inhil laksanakan Study Komparatif ke Setda Ponorogo

Sejumlah unit kerja / bagian di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) studi komparatif ke Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (17/3/2023).

Kunjungan kerja ini diikuti oleh Bagian Perencanaan dan Keuangan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Organisasi dan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

Secara spesifik, kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka studi komparatif terkait teknis penilaian dan penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja Sekretariat Daerah serta Proses Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa melalui toko Daring MBizmarket.

Kunjungan kerja dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Fajar Husin, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan,Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala Bagian Organisasi, dan sejumlah pejabat fungsional serta pelaksana di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam kunjungan kerja ini, pihak Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, Dr Drs Agus Pramono, MM, Asisten Administrasi Umum, Drh. H. Sapto Djatmiko Tjipto Rahardjo, MM dan sejumlah pejabat eselon III (tiga) serta pejabat fungsional dan pelaksana di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Fajar Husin mengungkapkan, bertujuan untuk mempelajari hal-hal teknis dalam konteks penilaian kinerja di lingkungan Sekretariat Daerah sebagai sebuah perangkat daerah.

Menurut Fajar, hal ini menjadi begitu penting dikarenakan berkenaan dengan pengalokasian anggaran atas sejumlah target kinerja yang ditetapkan pada awal periode anggaran di setiap tahunnya. Keluaran yang diharapkan dari kunjungan kerja ini, diungkapkan Fajar, adalah penerapan Sistem Informasi Capaian Kinerja Berkala Menuju Manajemen yang Efektif dan Terarah yang disingkat SI CABE-MERAH untuk kemudian diikutsertakan dalam Innovation Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2023 dari Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

“Di samping itu, penilaian kinerja ini juga berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pimpinan dan lebih luas lagi terhadap masyarakat,” ungkap Fajar dalam pembukaan pertemuan seraya mengucapkan terima kasih atas sambutan dari pihak Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo.

Perihal Proses Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa melalui toko Daring MBizmarket, Fajar mengharapkan pasca dilaksanakannya kunjungan kerja dapat lebih optimal dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Tentunya, setelah ini diharapkan pula dari optimalnya proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui toko daring MBizmarket dapat memudahkan mekanisme belanja pemda untuk mempercepat realisasi anggaran dengan tetap menegakkan prinsip good governance,” tutur Fajar.

Sementara, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo, Drh. H. Sapto Djatmiko Tjipto Rahardjo, MM menyambut baik kedatangan rombongan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. “Melalui kunjungan ini, kami berharap ada banyak hal baru yang dapat kita pelajari bersama, sehingga tata kelola pemerintahan di masing-masing Sekretariat Daerah dapat berjalan secara optimal,” ujarnya.

Setelah pertemuan, rombongan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir pun dijamu langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo di ruang kantornya. Dalam jamuan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan pihak Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk datang berkunjung ke kabupaten yang berjuluk “Kota Reog” tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *