Bupati Inhil Lepas Ekspor Perdana Gula Kelapa Ke Malaysia

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM. Wardan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. H. Masdar melepas ekspor perdana Gula Kelapa PT. Bekawan Argo Mandiri, di pelabuhan RW, parit 6 Tembilahan Hulu, sabtu (18/03/2023).

Turut hadir dalam acara, Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan, Eka Purnama, Kepala KP2KP, Gunawan Wibisono, pimpinan PT. Bekawan Argo Mandiri, Baharudin, Perwakilan Kodim 0314/Inhil, perwakilan Polres Inhil.

Pelepasan ekspor gula kelapa ini ditandai dengan prosesi penyerahan barang ekspor oleh Staf Ahli dan Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan kepada Captain kapal, yang merupakan bentuk gula kelapa kemasan yang di produksi oleh PT. Bekawan Agro Mandiri, di Desa Sialang Panjang Tembilahan Hulu.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan, Eka Purnama dalam sambutannya mengatakan, pada hari ini kita akan sama-sama menyaksikan ekspor perdana berupa 1 ton gula kelapa dengan nilai ekspor USD 1.423,00.

Dijelaskannya, program pemerintah yakni pemulihan ekonomi nasional (PEN) merupakan sebuah upaya salah satunya untuk meningkatkan nilai ekspor indonesia, khususnya ekspor yang berasal dari UMKN.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional tersebut, Bea Cukai Tembilahan secara aktif memberikan asistensi ekspor yang juga merupakan salah satu tugas dan fungsi Bea Cukai,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Inhil dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Staf Ahli Bupati menyampaikan, “Atas nama pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sangat menyambut baik dan sangat mendukung atas dilaksanakannya ekspor gula kelapa ini, karena menandakan bahwa produk dari dearah kita mampu menembus pasar internasional,”.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada PT. Bekawan Agro Mandiri yang melaksanakan ekspor perdana gula kelapa ini, semoga kedepan nilai ekspornya semakin meningkat,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengucapakan terimakasih dan apresiasi kepada Bea Cukai Tembilahan yang secara aktif memberikan asistensi ekspor.

“Saya berharap kedepannya produk-produk lainnya, khususnya turunan kelapa bisa di ekspor ke luar negeri seperti halnya gula kelapa ini,” tutup Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *