Press Release Berita Resmi Statistik Inflasi Agustus 2024, Pj Bupati Inhil H. Erisman Yahya : Terus Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi

Tembilahan – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Press Release Berita Resmi Statistik Inflasi Kota Tembilahan Bulan Agustus Tahun 2024 di Ruang Rapat Bappeda, Jln. Akasia, Senin (02/09/2024).

Press release tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Inhil, H. Erisman Yahya didampingi Kepala BPS Kabupaten Inhil, Sudiro.

Turut hadir Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Inhil Junaidy Ismail, Unsur Forkopimda Inhil, Pimpinan OPD terkait dan TPID Kabupaten Inhil.

Kepala BPS Inhil Sudiro memaparkan, perkemgangan harga berbagai komoditas pada Agustus 2024 secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Inhil, pada Agustus 2024 terjadi inflasi year on year sebesar 1,96, atau terjadi kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dari 102,60 pada Agustus 2023 menjadi 104,61 pada agustus 2024.

Sementara tingkat deflasi month to month sebesar 0,59 persen dan tingkat inflasi year to date sebesar 1,34 persen.

Dijelaskannya, komoditas yang dominan memberikan andil inflasi month to month pada Agustus 2024 antara lain, emas perhiasan, laptop dan hand body lotion. Sedangkan komoditas yang memberikan andil deflasi month to month antara lain, bawang merah, daging ayam ras, jengkol, dan telur ayam ras.

Pj Bupati Erisman Yahya mengawali sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPS dan seluruh pihak dalam mengumpulkan dan menyajikan data yang akurat.

H. Erisman mengatakan, data inflasi yang disampaikan oleh BPS sangat penting bagi Pemerintah Daerah dalam merumuskan kebijakan ekonomi dan menjaga stabilitas harga di Kabupaten Inhil.

Ia juga mengajak semua pihak terkait untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk mengendalikan inflasi, terutama dalam menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *