Melalui Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dan Evaluasi Intervensi Pj.Bupati Inginkan Percepatan penurunan prevalensi stunting.

Tembilahan 25 September 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil meluncurkan Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) sekaligus melakukan Evaluasi Intervensi Spesifik dan Publikasi Stunting Kabupaten Inhil.

Acara tersebut diselenggarakan disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan dengan dihadiri secara langsung oleh Pj Bupati Inhil, H. Erisman Yahya, MH.

Turut hadir dalam kesempatan Dandim 0314/Inhil, Kapolres Inhil, Kadis Kesehatan Provinsi Riau diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, Kadis Kesehatan Inhil beserta jajaran, Penjabat Eselon di Lingkungan Pemkab Inhil, Ketua TP PKK Inhil diwakili, serta Camat dan Kepala UPT Puskesmas se Inhil.

Kadis Kesehatan Inhil Rahmi Indrasuri mengatakan, peran Puskesmas sebagai penanggung jawab masalah kesehatan diwilayah kerjanya, akan semakin kuat dengan aktifnya pemantauan wilayah setempat (PWS) ditingkat Desa/Kelurahan oleh petugas kesehatan bersa?a kader.

Dikatakannya, Kementerian Kesehatan saat ini tengah melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada layanan kesehatan primer disetiap unit pelayanan kesehatan dasar, guna mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat melalui ILP.

Hal itu diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dialami oleh masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan primer, termasuk percepatan penurunan prevalensi stunting.

Sementara Pj Bupati Inhil H. Erisman Yahya menyambut baik dan mengapresiasi atas diselenggarakannya launching integrasi pelayanan kesehatan primer, evaluasi intervensi spesifik dan publikasi stunting di Kabupaten Inhil sebagai upaya mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara terintegrasi.

Dijelaskannya, percepatan penurunan stunting dan penyelenggaraan ILP tidak hanya menjadi tanggung jawab dari sektor kesehatan, tetapi perlu dukungan dari semua sektor, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan monitoring dan evaluasi.

“Saya minta kepada kita semua untuk bekerjasama dan berkolaborasi serta berkomitmen dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir yang sehat,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *