Pj Sekda Inhil Ery Putra Hadiri Bimtek dan Evaluasi Implementasi SIPD di Jakarta

Jakarta 1 Oktober 2024, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Republik Indonesia pada Modul Penatausahaan serta Akuntansi dan Pelaporan yang bertempat di Novotel Jakarta Mangga Dua Square.

Acara ini dihadiri langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Ery Putra didampingi Sekretaris BPKAD Mawardi, selain itu acara tersbut juga turut dihadiri seluruh Sekda Kabupaten/Kota se Indonesia.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kemendagri, Erikson P. Manihuruk menekankan pentingnya integrasi sistem digital dalam tata kelola Pemerintahan Daerah melalui SIPD.

Menurutnya, SIPD bukan hanya tentang penyederhanaan administrasi, akan tetapi juga tentang transparansi dan akuntabilitas di tingkat Pemerintahan.

Sementara Pj Sekda Inhil, Ery Putra disela waktunya mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan upaya koordinasi nasional yang dihadiri oleh seluruh Sekretaris Daerah dari berbagai Kabupaten dan Kota di Indonesia. Tujuannya adalah mempercepat transformasi digital dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dikatakannya bahwa, SIPD merupakan sistem terintegrasi yang mencakup seluruh proses mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaporan keuangan daerah.

Ia menambahkan, saat ini SIPD baru berjalan pada aspek perencanaan, namun diharapkan segera bisa digunakan untuk semua aspek pengelolaan keuangan secara komprehensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *