Secara Virtual Ibu Pj.Ketua TP PKK Kartika Sari Erisman Membuka Sosialisasi Pengelolaan Arsip Keluarga

Tembilahan – Untuk menerapkan UU No.43 TH 2009 tentang kearsipan, TP PKK bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah melaksanakan sosialisasi Pengelolaan Arsip Keluarga, Kamis (3/10/2024) siang secara virtual yang dibuka lansung Pj.Ketua TP PKK Kartika Sari Erisman di ruang Video Conference Dinas Kominfopers.

Turut serta dalam pembukaan Sosialisasi tersebut, Kepala Dinas bersama Sekretaris dan Jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang diikuti seluruh Pengurus dan kader TP PKK Kecamatan, Kelurahan hingga ke Desa secara Virtual dengan menghadirkan 2 orang Narasumber.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Abdul Rasyid pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa kebanyakan orang hanya mengetahui kegiatan kearsipan dilakukan berkaitan dengan arsip-arsip pada instansi-instansi yang berskala besar, seperti lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, dan organisasi kemasyarakatan. Padahal, kewenangan kearsipan itu mencakup arsip keluarga, bahkan bisa juga untuk arsip pribadi (biografi) juga bisa dikelola dan disimpan oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD).

Sementara itu, Ibu Pj.Ketua TP PKK Kartika Sari Erisman mengatakan untuk mempermudah penggunaan dan temu balik arsip keluarga, maka arsip keluarga harus disimpan secara sistematis dan sederhana. Dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip keluarga bagi Kader PKK Se-Kabupaten Indragiri Hilir pada hari ini, diharapkan kepada seluruh kader PKK dapat memahami sistem penyimpanan arsip keluarganya sehingga arsip tepat penggunaannya dan tertib penyimpanannya.
untuk itu, pada kesempatan ini perlu saya ingkatkan kembali bahwa Tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan rencana induk gerakan PKK Tahun 2021-2024 dan rencana strategis gerakan PKK. Maka besar harapan, agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK Tahun 2021-2024 yaitu “terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya,beriman dan bertaqwa menuju indonesia maju 2024”
Terakhir Ibu Pj.Ketua TP PKK mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip keluarga, dan terima kasih juga kepada seluruh kader PKK Se-Kabupaten Indragiri Hilir atas semua kontribusi, dedikasi dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan 10 program pokok pkk di tengah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *