Buka FGD Penyelenggaraan Statistik Sektoral, Pj. Bupati Inhil Tekankan Pentingnya Sinergi & Kolaborasi Antar Perangkat Daerah

Penjabat Bupati Indragiri Hilir H. Erisman Yahya membuka Focus Group Discussion (FGD) terkait penyelenggaraan statistik sektoral yang mengusung tema “Peran Statistik Sektoral Untuk Indonesia Emas” di salah satu Hotel dalam Kota Tembilahan, Rabu (09/10/2024).

Kegiatan yang ditaja oleh BPS Kab. Inhil ini turut dihadiri Kepala BPS Kab. Inhil dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Inhil serta diikuti peserta yang berasal dari perwakilan OPD, Desa / Kelurahan di lingkungan Pemkab Inhil juga narasumber yang berasal dari BPS dan kalangan akademisi.

Tujuan FGD ini sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi mengenai pentingnya data statistik sektoral yang berkualitas sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat dan akurat, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Penjabat Bupati Indragiri Hilir H. Erisman Yahya dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan FGD yang dilaksanakan pada hari ini.

“Ada dua agenda penting dari kegiatan statistik sektoral yang kita laksanakan, yaitu pembinaan statistik sektoral pada level OPD yang telah menghasilkan Kab. Inhil dalam angka dan penyebarluasan data melalui portal satu data Indonesia serta kegiatan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kesadaran aparat desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data statistik”, ucap H. Erisman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Penjabat Bupati Inhil yang pernah menjabat sebagai Kadis Kominfo Prov. Riau ini juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar perangkat daerah demi mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah.

Pada pelaksanaan FGD ini, Pj. Bupati Inhil juga berkesempatan menyerahkankan penghargaan kepada OPD yang telah mengajukan rekomendasi statistik Tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *