Bupati Inhil H.M.Wardan Membuka Lomba Cipta Menu ( B2SA )

Tembilahan – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP menghadiri sekaligus membuka secara resmi Lomba Cipta Menu, atau Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Inhil Tahun 2023 yang bertempat di Gedung Engku Kelana, Kamis (10/08/2023).

Festival pangan lokal B2SA ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan untuk mensosialisasikan agar masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi yang bersumber dari pangan lokal.

Lomba cipta menu B2SA ini diikuti peserta yang berasal dari 20 Kecamatan yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan dan anggota.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil H. Muhammad Wardan mengatkan, salah satu program Pemerintah terkait dengan pangan adalah melaksanakan diversifikasi pangan.

“Diversifikasi pangan yakni mendorong masyarakat untuk memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis makanan pokok saja, tidak terfokus pada nasi beras saja. Diversifikasi pangan merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan gizi masyarakat,” terang Bupati

Selain itu, lanjut Bupati, penyelenggaraan kegiatan festival pangan lokal ini adalah untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu makanan yang eragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), yang berbasis sumber daya lokal.

“Melalui festival pangan lokal B2SA ini juga saya mengharapkan dapat diperoleh menu-menu baru yang mengandung unsur pangan B2SA yang berbasis potensi sumber daya lokal,” tutup Bupati H. Muhammad Wardan

Tim penilai, atau juri mengumumkan Juara 1 lomba cipta menu B2SA ini diraih oleh TP PKK Kecamatan Tanah Merah dengan nilai 1013. Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Bupati H. Muhammad Wardan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan beserta Unsur Forkopimda Inhil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *